Mendaki gunung sebuah istilah yang ramai diperbincangkan oleh kalangan kaum muda hingga kaum dewasa. Sebuah trending topic utama dalam media mainstream seperti Instagram hingga menjadi pembahasan berita nasional.

Tentang mendaki yang mengharuskan berjalan kaki cukup lama, sehingga membuat diri dan kaki tak kuasa menahan lelah yang berlebihan. Terutama untuk mendaki biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, dari 2 hari hingga 3 hari, itu pun rata-rata gunung yang di jawa.

Nah ini aku merekomendasikan beberapa gunung yang cocok buat kamu yang ingin mencoba mendaki dengan medan trekking yang tak terlalu berat dan tak memakan waktu lama

Baca juga : 5 Tips Mendaki Gunung

1. Gunung Prau

Suasana Gunung Prau

Gunung prau dengan ketinggian 2.565 mdpl, terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini  merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. Gunung ini sangat mudah diakses juga tidak membutuhkann waktu yang lama.

Jalur Pendakian :

– Via Dieng, Wonosobo
– Via Patak Banteng, Wonosobo
– Via Pranten dari Kabupaten Batang
– Via Kendal dari Kabupaten Kendal

Estimasi waktu pendakian :

3 jam langsung sampai dipuncak

2. Gunung Penanggungan

Sekilas Pemandangan View Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan atau biasa disebut Gunung Pawitra dengan ketinggian 1.653 mdpl adalah gunung berapi kerucut dalam kondisi istirahat yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Posisinya berada di kabupaten Kabupaten Mojokerto. Konon gunung ini menjadi sorotan para peneliti karena di gunung penanggungan terdapat petilsan sejarah jawa lampau. Disisi lain gunung ini merupakan jalur pendakian tercepat dan rata-rata yang mendaki disana hanya teknok alias naik-turun tidak ngecamp.

Jalur Pendakian :

Via Tamiajeng, Jalur ini adalah jalur paling populer bagi pendaki, dimulai dari Desa Tamiajeng, Trawas, Kabupaten Mojokerto, yang merupakan sisi barat daya gunung. Jalur ini paling singkat, tetapi cukup terjal. Terdapat empat pos perhentian sebelum sampai lapangan puncak. Dari jalur ini akan melewati pelataran yang dikenal sebagai “Bukit Bayangan”.

Estimasi waktu pendakian :

2jam hingga 3jam untuk sampai di pos terakhir atau puncak banyangan. Waktu kepuncak 1jam sampai 2jam

3. Gunung Panderman

Sekilas Pemandangan View Gunung Panderman

Gunung Panderman dengan puncaknya Basundara yang berketinggian 2.045 mdpl. Gunung ini terletak di kota Batu, Jawa Timur. Selain itu di Paderman tak terlalu susah dalam medan trek. Banyak sekali peminat di panderman ini, baik pecinta alam atau pegiat olahraga outdoor seperti running trail, downhill, trabas, dll.

Jalur Pendakian :

Via Batu, jalur ini memiliki 2 fungsi yaitu jalur pendakian gunung Panderman dan jalur pendakian gunung buthak. Akan tetapi jalur yang menuju panderman relatif ringan dan tidak begitu berat. Maka lebih baik mendaki panderman via batu.

Estimasi waktu pendakian :

4jam langsung sampai puncak



Tinggalkan Balasan