Tentang alam, kenapa sih manusia kok tega banget merusak dan mencemari alam. Dunia ini telah terluka terlalu dalam, jika melihat beberapa kawasan yang dahulu asri menjadi rusak. Memang kerusakan lingkungan adalah sebab dari prihal tindakan manusia yang melupakan jati diri kehidupannya. Seperti mereka yang sengaja membuka lahan baru untuk kepentingan pribadi. Ya, sebagai contoh ; PLTB, PLTU, Batu Bara. Itu adalah sebuah industri. Tapi jika kalian amati secara seksama, pembangunan industri akan berdampak besar kapada lingkungan hidup loh.

Belum lagi sektor perbebasan lahan untuk pembuatan sarana pemasyarakatan seperti bandara, jalan tol, hingga perluasan lahan pertanian.

Miris aslinya, melihat alam sebagai korban kepetingan-kepetingan yang egois. Melihat wacana Pemerintah Negara, yang ingin menciptakan energi teknologi terbarukan, tetapi berbalik dengan jargon tersebut. Wacana pemerintah, adalah industri lama. Ya seperti PLTU, PLTB. Bungkusnya aja ‘Energi terbarukan’. Serasa aneh dan geli aja dengan ucapan Pemerintah yang terlalu munafik. 

Jujur dari lubuk hati, saya sangat mengkhawatirkan nasib alam di 10tahun mendatang akan seperti apa, jika Sumber Daya Alam, yang hisap. Seperti di Gunung Slamet. Kasus pengeboran panas bumi tidak berada disatu lokasi, melainkan dibeberapa lokasi. Tentu ini akan dampak Ekosistem hutan, yang terus-terusan ditebas, dipotong.

Nangis hati ini ketika, melihat hutan-hutan di Kinipan, kalimatan. Menjadi korban pembebasan lahan. Bahkan Hutan Kinipan tercatat dalam Hutan Adat. Dan paling parah ialah, pemerintah mendukung akan perusakan lingkungan hidup.

Rakyat seperti saya harus percaya sama siapa jika Pemerintahnya aja begini !

Baca Juga : 8 Biji Kopi Asal Jawa Timur

Hmm, bahkan tidak jauh dirumah saya tepat nya di Gunung Arjuno. Akan dilakukan pembangunan kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Pembangunan nya itu diketinggian 2200mdpl. Resiko dan perusakan lingkungan hidup, sangat tinggi. Apabila itu terjadi.

Terus rakyat harus meminta tolong kepada siapa ? apakah tuhan tahu prihal kerusakan lingkungan semacam ini !

Terus terang, saya marah dan kecewa sama pemerintah yang sewenang-wenang dalam melakukan pembangunan. Tidak berfikir akan keberlangsungan kehidupan di 10tahun kedepan dan 20tahun kedepan. Jika alam ini rusak, gunung sudah ditindas, maka ketidakseimbangan ekosistem akan mengacam umat manusia.

Leave a Reply