5 Tips Untuk Mendaki Gunung

1
78
5 Tips Untuk Para Pemula Mendaki Gunung
Sumber : Editor Rifkipedia.com

Mendaki merupakan kegiatan olaharaga dalam bidang Outdoor. Tak hanya berkegiatan yang menguras keringat. Mendaki juga membutuhkan kapasitas pengetahuan yang mempuni. Maka dibutuhkan teknis dan pengetahuan alam sebagai upaya bertahan hidup digunung. Karena dalam dinamika popularitas media mainstream telah mempublikasi keindahan alam juga mendaki gunung sehingga memicu masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Beberapa tahun terakhir banyak sekali orang yang mengalami kecelakaan dan meninggal sewaktu melakukan pendakian. Maka saya bersuka-rela untuk memberikan sedikit pengalaman saya untuk kawan-kawan yang gemar mendaki.

1. Mencari Tahu Informasi Tentang Gunung yang Akan di tuju

Mencari tahu asal-muasal gunung yang akan dituju bisa dilakukan dengan berbagai cara dan upaya. Seperti diskusi kepada kawan yang pernah kesana dan Mencari tahu melalui media online seperti di Penjelajah.com.

Karena informasi yang jelas akan menuntun mu kepada keselamatan itu pedoman yang harus dipegang oleh pecinta alam dan pendaki gunung.

2. Mencari Tahu Estimasi Perjalanan

Terkadang kita bingung mau kemana dengan biaya berapa. Ada hal yang perlu untuk diperhatikan lagi, yaitu menejemen perjalanan. Jika kita sudah dapat infomarsi dari seseorang yang pernah kesana maka kita juga tidak ragu untuk melakukan perjalanan. Di manusialembah.com kamu akan tahu kisah seseorang yang pernah kegunung, ditulis dan ceritakan. Jadi kamu tak perlu cemas lagi.

3. Memiliki keterampilan Diri Secara Mandiri

Terkadang banyak orang yang mendaki selalu memudahkan segala cara. Namun hal tersebut sangat salah dan fatal apabila diteruskan. Soal keterampilan adalah potensi yang harus dimunculkan oleh orang yang mau mendaki, seperti keterampilan memasak, keterampilan menjahit, keterampilan medis.

Baca : Buku Pramoedya Ananta Toer

Karena dengan keterampilan diri akan membuatmu nyaman dan aman, ketika dalam kegiatan mendaki gunung. Dari fikiran tenang, tenaga berlimpah, kesehatan badan juga aman.

4. Memiliki Catatan Perjalanan

Mencatat itu penting loh. Karena dengan mencatat kita akan mendapat informasi dari apa yang kita tulis. Dari jalur pendakian, waktu pendakian, hingga spot pendakian. Itu sangat sederhana bukan ? tentu sederhana juga simple. Jadi gimana hehe

5. Mendokumentasikan Perjalanan

Photo, Video merupakan sarana umum yang bisa dilakukan siapa saja, Begitu dengan pengalaman kamu tentang mendaki gunung tentu hal yang istemewah, jika kamu kesulitan meng-edit photo bisa kamu lakukan dengan mudah hanya perlu memiliki aplikasi edit foto seperti VSCO. Kalo edit video aku rekomendasikan untuk memakai Inshot karena aplikasi itu sangat praktis juga kece.

1 KOMENTAR

  1. Ijin menambahkan satu tips lagi, Mas.

    Jangan lupa berkomitmen untuk membawa pulang kembali sampah-sampah kita sendiri pada saat mendaki.

Tinggalkan Balasan